Perhatikan 6 Hal Penting Ini Sebelum Membeli  Bumbu Nasi Goreng Instan

Apakah Anda termasuk penggemar nasi goreng? Saat ini membuat nasi goreng terasa lebih mudah dan praktis karena banyak tersedia bumbu nasi goreng instan. Banyaknya bumbu nasi goreng instan membuat kita terkadang bingung ingin membeli yang mana. Namun jangan galau, Anda bisa membaca ulasan dan rekomendasi bumbu nasi goreng instan dengan baca lebih lanjut di sini. Namun tidak hanya bergantung dari merek, ada beberapa hal  yang wajib kita perhatikan sebelum membeli bumbu nasi goreng. Apa saja? Simak terus artikel berikut.

Bumbu Nasi Goreng

Perhatikan 6 Hal Penting Ini Sebelum Membeli  Bumbu Nasi Goreng Instan

Pilih berdasarkan konsistensi

Secara garis besar, bumbu nasi goreng instan terbagi menjadi dua bentuk, yakni berbentuk pasta atau bubuk. Bumbu yang berbentuk pasta biasanya memang diproses dari rempah asli dan diproses secara higienis kemudian dikemas dalam kemasan kedap air dan udara untuk menjaga kualitasnya. Sedangkan untuk bumbu jenis bubuk, biasanya setelah diracik, bumbu diproses kembali untuk proses pengeringan hingga menjadi bubuk dan dikemas. Perbedaan mendasar dari keduanya adalah pada daya tahan dari bumbu masak tersebut. Bumbu nasi goreng dalam bentuk bubuk memiliki daya tahan yang lebih baik dan lebih lama  daripada bentuk pasta.

Meski keduanya sama sama bertujuan memudahkan Anda saat memasak, namun juga ada perbedaan dalam cara memasaknya. Bumbu nasi goreng instan akan lebih terasa nikmat apabila Anda menumisnya terlebih dahulu. Aroma rempah akan tercium lebih wangi. Anda pun juga bisa menambahkan lauk pelengkap seperti misal daging ayam atau udang saat menumis bumbu pasta. Sedangkan untuk bumbu berbentuk bubuk tidak perlu ditumis terlebih dahulu. Anda bisa memasukkan bumbu bubuk nasi goreng bersamaan dengan nasi. Perlu dipastikan bahwa Anda mengaduk rata bumbu bubuk tersebut dengan seluruh bagian nasi agar bumbunya merata.

Baca Juga :  Urban Legend Minyak Goreng

Pilih rasa sesuai keinginan

Perlu diketahui bahwa tidak semua bumbu nasi goreng instan memiliki rasa dan gaya yang sama. Ada banyak pilihan merek dan rasa nasi goreng yang ditawarkan. Rasa tersebut antara lain nasi goreng biasa seperti milik Bamboe,  nasi goreng rendang milik Royco, nasi goreng kambing dari Bango dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan selera dan keinginan Anda. Anda pun juga bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti telur, ayam atau udang. Selain itu, perhatikan pula saran jumlah porsi penyajian dalam satu bungkus bumbu nasi goreng instan tersebut agar rasa bisa pas.

Pilih yang menggunakan bahan alami

Apabila Anda berkeyakinan bahwa penambahan bahan sintetis pada makanan adalah hal tidak baik, maka ada baiknya Anda memeriksa kandungan yang terdapat dalam bumbu nasi goreng kemasan.  Beberapa bumbu nasi goreng kemasan memiliki tambahan MSG, pewarna dan juga pengawet. Tentu akan lebih baik jika Anda memilih bumbu nasi goreng yang menggunakan bahan alami sehingga cita rasanya lebih lezat dibandingkan yang menggunakan bahan sintetis.

Bumbu Nasi Goreng

Perhatikan tanggal kadaluwarsa

Dalam kemasan bumbu nasi goreng instan, selain merek, informasi gizi dan komposisi juga tertera tanggal. Tanggal ini biasanya ada beberapa kode, seperti misal tanggal produksi, tanggal kadaluwarsa dan tanggal baik sebelum. Jika kita sudah memahami pasti arti dari tanggal produksi, lain halnya perbedaan tanggal kadaluwarsa dan tanggal baik sebelum. Tanggal kadaluwarsa atau expired date adalah waktu saat bumbu instan tersebut sudah tidak layak konsumsi. Baiknya Anda memang harus membuang produk tersebut. Lain halnya dengan tanggal baik sebelum atau best before. Arti dari tanggal ini adalah batas optimal bumbu tersebut terjaga kualitasnya. Apabila melewati tanggal tersebut, bisa jadi tetap aman dikonsumsi namun baik rasa maupun nutrisinya mungkin berkurang. Namun tanggal best before sudah tidak bisa dijadikan acuan jika kondisi kemasan telah terbuka.

Baca Juga :  Jamur Crispy Enak dan Sehat, Yakin Ngga Ingin Coba Buat di Rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *