Inilah Kedai Mie Ayam Paling Legendaris di Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta

Salah satu menu makanan paling universal dan sangat digemari berbagai lapisan masyarakat Indonesia adalah mie ayam. Setiap kedainya punya bumbu yang berbeda. Setiap kota punya cita rasa yang berbeda. Dan setiap penikmatnya, punya penilaian yang juga berbeda. Ajaib. Karena itu, resep mie ayam selalu dicari-cari agar bisa langsung dipraktikkan di dapur sendiri.

Sepintas, menu yang satu ini memang kesannya sederhana. Tinggal bikin mie, ditambah topping ayam berbumbu, jangan lupa taburkan MSG. Selesai. Namun, seakan punya nilai magis dan bumbu rahasia, beberapa mie ayam di berbagai kota di tanah air tidak pernah sepi akan pengunjung. Nah, bagi kamu yang mengaku pecinta mie ayam, atau yang sekedar suka bertualang kuliner, simak 3 kedai mie ayam legendaris berikut yang pesonanya sama sekali ‘tak lekang oleh waktu!

Inilah Kedai Mie Ayam Paling Legendaris di Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta

  1. Mie Ayam Bu Tumini – Yogyakarta

Jika kamu mengunjungi Jogja lewat jalur bus, atau sedang iseng ingin mengunjungi terminal giwangan, tidak perlu kaget kalau kamu menemukan sebuah kedai kecil mie ayam yang antreannya cukup panjang. Inilah mie ayam terlezat di kawasan selatan Jogjakarta yang telah ada lebih dari 20 tahun yang lalu!

Mie ayam ini sangat terkenal karena mie homemade-nya yang lebih tebal dan besar, dengan tekstur lembut dan kenyal. Tapi, yang membuatnya menjadi legenda adalah kuah ayamnya yang benar-benar kental dan kaya akan bumbu pekat. Di sini, kamu bakal menemukan bumbu topping mie ayam paling kental dan kuat, yang sensasi rasanya akan terus kamu ingat. Kalau masih belum puas, pesan juga cekernya!

Lokasi kedai: Jl. Imogiri Timur Nomor 18, Umbulharjo, Sebelah Utara Terminal Giwangan, Yogyakarta

Baca Juga :  Urban Legend Minyak Goreng

Jam operasional: 10.00-17.00 WIB (atau sampai habis)

Harga: 8-10 ribu rupiah

  1. Mie Ayam Cipaganti – Bandung

Meskipun tidak tayang dan tidak disebut di Dilan 1990 layaknya Mie Baso Akung, adalah Mie Ayam Cipaganti yang patut kamu coba sebagai mie ayam legendaris dengan cita rasa asli Sunda. Telah berdiri sejak lebih dari 10 tahun yang lalu, mereka masih menjaga rasa dengan tetap memakai gerobak kecil yang tentunya higienis. Di google review sendiri, mereka memperoleh nilai 4.4 dari 860 penilai. Sebenarnya rasanya tidak jauh berbeda, namun kombinasi manis dan asin dari kuah dan topping-nya, membuat antrean tidak pernah sepi. Mungkin yang bikin spesial adalah campuran jamur dan ayam yang sempurna, ditambah, harganya yang sangat ekonomis dibanding dengan warung Mie Ayam ternama lain di kota Bandung.

Lokasi kedai: Jl. Cipaganti No.85, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung

Jam operasioanl: 08.00-17.00 WIB (atau sampai habis)

Harga: 10-15 ribu rupiah

  1. Mie Ayam Bakso Yunus – Jakarta

Sebagai kota dengan kepadatan luar biasa dengan pendatang dari berbagai daerah di Indonesia, Jakarta memiliki begitu banyak kedai mie ayam dengan cita rasa khas sesuai daerah asal koki. Namun, jika kita berbicara tentang mie ayam dengan cita rasa asli Betawi, racikan Haji Yunus bakal memuaskan ekspektasimu. Haji Yunus sendiri percaya diri dengan menghindari MSG sebagai salah satu bumbu yang biasanya wajib ada di mie ayam. Namun jangan salah, topping ayam yang melimpah, bakso dengan daging pilihan, serta pangsitnya yang gurih, membuat kedai ini juga terkenal di kalangan selebriti. Kualitas rasanya yang tinggi, membuat kedai yang telah beroperasi sejak 1984 ini tetap ramai dikunjungi pengunjung hingga saat ini.

Baca Juga :  Seri Blender Philips Multifungsi

Lokasi kedai: Jalan Tebet Barat Dalam VIII D, Tebet Barat, Jakarta Selatan

Jam operasional: 10.00 – 20.00 WIB

Harga: 20-30 ribu/porsi

Itulah 3 kedai penyaji mie ayam paling legendaris di 3 kota besar Indonesia. Wajib dicoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *