Kenali Tanda Wajan Sudah Tak Layak Pakai dan Wajib Diganti

Anda tentu familiar dengan alat dapur yang selalu digunakan setiap hari yakni wajan. Wajan adalah alat dapur multifungsi yang digunakan untuk mempersiapkan berbagai makanan untuk keluarga. Wajan biasanya terbuat dari stainless steel atau alumunium yang memang dirancang agar tahan terhadap panas karena akan sering digunakan di atas kompor. Saat ini sudah banyak wajan dari berbagai merek yang tersedia di pasaran dengan berbagai harga dan kualitas.

Meskipun Anda sudah membeli wajan dengan kualitas terbaik, tidak menutup kemungkinan wajan Anda lama kelamaan akan menjadi rusak dan tidak layak pakai lagi. Mengapa wajan yang rusak menjadi tidak layak pakai? Ternyata wajah yang rusak dapat memaparkan bahan kimia pada masakan sehingga akan berdampak negatif bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanda-tanda wajan di rumah Anda sudah rusak dan tidak layak pakai. Yuk simak tanda-tandanya di bawah ini!

Kenali Tanda Wajan Sudah Tak Layak Pakai dan Wajib Diganti

1. Lapisan enamel terkelupas

wajan 2

Penggunaan enamel pada wajan memang sudah umum saat ini. Hal ini karena bahan enamel berguna untuk membuat wajan lebih tahan lama dan mudah dibersihkan. Namun meskipun enamel ini mampu membuat wajan menjadi lebih tahan lama, lapisan enamel dapat menjadi terkelupas sedikit demi sedikit karena terjatuh, tergores spatula, atau proses pembersihan yang terlalu keras. Jika enamel yang terkelupas hanya di bagian sisi, mungkin tidak terlalu berpengaruh bagi kesehatan. Namun jika lapisan enamel terkelupas di bagian dasar penggorengan, Anda harus segera menggantinya.

2. Lapisan anti lengket terkelupas

Bukan hanya dilapisi enamel, beberapa merek wajan juga sudah memiliki lapisan anti lengket. Wajan yang memiliki lapisan anti lengket diklaim mampu mempercepat proses memasak sehingga lebih hemat energi dan lebih tahan lama. Kelebihan wajan anti lengket lainnya yaitu bisa digunakan untuk proses memasak yang tidak menggunakan minyak. Namun sama halnya dengan lapisan enamel pada wajan, lapisan anti lengket ini juga bisa terkelupas jika tergores dengan alat masak lain yang tajam, proses mencuci dengan sabut cuci piring yang kasar, dan lain-lain. Jika lapisan anti lengket sudah mulai terkelupas makan fungsinya akan berkurang atau bahkan tidak berfungsi lagi. Selain itu, lapisan anti lengket yang terkelupas juga tercampur dengan makanan dan masuk ke dalam tubuh kita sehingga menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Baca Juga :  Inilah 3 Resep Kue Kering yang Mudah dan Anti Gagal

3. Wajan sudah berkaratnt.net

wajan 3

Sudah menjadi hal yang umum jika setiap benda berbahan logam akan berkarat. Hal tersebut memang wajar karena adanya proses oksidasi yang menyebabkan karat. Namun jika Anda menemukan karat pada wajan Anda, sebaiknya Anda coba menggosoknya terlebih dulu dengan cuka atau garam. Cuka dan garam dikenal sebagai bahan yang bisa membersihkan karat. Namun jika Anda sudah mencoba menggosoknya dengan kedua bahan tersebut dan tidak membuahkan hasil, Anda harus segera membuang wajan tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

4. Wajan sudah menghitamseriouseats.com

Tanda wajan sudah rusak lainnya yaitu adanya perubahan warna permanen. Meskipun pada awalnya Anda membeli wajan dengan warna yang masih cerah dan bersih, tentu lama kelamaan wajan tersebut akan berubah warnanya seiring dengan frekuensi penggunaan yang tinggi. Wajan bisa menghitam karena terlalu sering terpapar dengan panas. Oleh karena ttu, sebaiknya wajan segera diganti jika Anda melihat wajan Anda sudah menghitam.

5. Bentuk wajan sudah penyok

Saat menggunakan wajan, mungkin akan ada beberapa kejadian yang tidak disengaja yang menyebabkan wajan menjadi penyok. Ternyata wajan yang sudah penyok tidak baik lagi untuk digunakan. Hal ini karena wajan yang penyok tidak bisa ditempatkan secara sempurna di atas kompor. Sehingga hal ini berakibat pada proses memasak yang tidak merata. Selain itu, wajan yang sudah penyok juga tidak enak untuk dipandang. Jadi sebaiknya segera diganti saja ya!

6. Gagang pegangan hampir lepas

Setiap wajan pasti memiliki gagang pegangan yang berguna untuk menstabilkan posisi wajan dan untuk memegang wajan saat memasak. Jika gagang wajan Anda rusak, coba untuk perbaiki dulu dengan mengencangkan sekrup. Namun jika gagang wajan terus-menerus goyang dan hampir lepas meskipun sudah diperbaiki, Anda harus mulai mencari wajan baru untuk keperluan memasak Anda. Gagang yang rapuh akan mudah terlepas sehingga berbahaya pada saat Anda sedang membawa minyak panas atau hidangan di dalam wajan.

Baca Juga :  Seri Blender Philips Multifungsi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *