Simak 7 Hal Yang Membatalkan Puasa Ini untuk Puasamu yang Sempurna

Puasa di bulan Ramadan adalah salah satu kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia. Demi mendapatkan kemuliaan dari ibadah puasa, adalah keharusan bagi kita untuk mengetahui beberapa hal yang membatalkan puasa. Jika salah satunya kamu lakukan di waktu antara terbitnya fajar (subuh) sampai tenggelamnya matahari (magrib), maka pusamu batal loh!

Berikut 7 hal yang dapat membatalkan puasa:

  1. Memasukkan zat/sesuatu ke dalam tubuh melalui lubang tubuh

Secara sederhana, makan dan minum berarti memasukkan makanan dan minuman ke dalam tubuh melalui mulut secara disengaja. Namun, pengertian ini harus diperluas menjadi: memasukkan sesuatu baik zat padat atau cair ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, telinga, atau dubur dengan sengaja.

Perlu digaris bawahi bahwa proses ini dikatakan membatalkan puasa bila dilakukan secara sengaja, seperti saat makan, minum, atau berobat. Jadi, kalau kamu secara tidak sengaja memasukkan makanan, atau jika kamu lupa sehingga mencicipi makanan yang sedang kamu masak, tentu hal tersebut tidak membatalkan puasa. Selain itu, menelan ludah dan menyedot kembali ingus yang masih di hidung ternyata juga tidak membatalkan puasa. Dengan catatan, ludah atau ingus tersebut tidak tercampur atau membawa zat-zat lain seperti sisa makanan. Kalau ini terjadi, maka puasamu dianggap batal.

  1. Berhubungan seksual

Berhubungan seksual saat berpuasa adalah hal yang dapat membatalkan puasa. Meskipun standar yang dimaksud adalah masuknya penis ke dalam vagina, tentu kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan hal ini wajib kita hindari di saat antara subuh hingga magrib.

Untuk hubungan suami istri di malam hari, tentu saja boleh, sebagaimana firman Allah dalam QS Al Baqarah ayat 187:

“Dihalakan bagi kamu pada malam hari puasa bercampur dengan istri-istri kamu.”

  1. Ejakulasi secara disengaja
Baca Juga :  Cara Cuci Tangan yang Benar Ala WHO

Memang dikatakan bahwa berhubungan seksual pada poin nomor dua adalah bergabungnya dua alat vital lelaki dan perempuan. Jadi, baik ciuman maupun pelukan tidak termasuk membatalkan puasa.

Tapi hati-hati, jika karena hal tersebut kamu mengalami ejakulasi, maka puasamu dianggap batal. Ejakulasi ini sendiri berarti keluarnya mani (sperma) yang disebabkan oleh tindakan fisik seperti ciuman ataupun onani. Kalau yang keluar hanya air madzi (cairan bening yang keluar sebelum sperma), memang masih belum batal. Namun, tetap hati-hati ya guys!

  1. Muntah karena disengaja

Okay, yang satu ini mungkin cukup unik, karena siapa yang akan membuat dirinya muntah secara sengaja? Tapi, secara hukum Islam, muntah secara disengaja seperti dengan memasukkan jari ke tenggorokan sehingga menyebabkan rasa mual itu dapat membatalkan puasa. Beda kasus jika muntah disebabkan oleh kesehatan atau perjalanan. Jika kamu pernah muntah karena sedang tidak enak badan, kamu masih bisa lanjut puasa jika memang dirasa sanggup.

  1. Haid dan nifas

Gals, bagi kamu yang sedang haid atau nifas adalah tidak wajib menjalankan puasa. Jika di tengah proses berpuasa ternyata kamu datang bulan, maka puasa kamu batal ya! Jadi jangan lupa juga buat menggantinya di kemudian hari.

  1. Hilang akal dan gila

Islam itu agamanya orang-orang berakal dan yang sadar. Oleh sebab itu, salah satu syarat menjalankan puasa adalah dalam keadaan sadar secara penuh. Jika di tengah berpuasa tiba-tiba seseorang mengalami hilang akal karena medis atau gila, maka puasanya dianggap batal. Tentu saja orang gila dari awal memang tidak wajib berpuasa. Jangan lupa juga, bagi orang-orang yang lupa kalau dirinya berpuasa dan kemudian melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, tentu tidak batal hukumnya.

  1. Murtad
Baca Juga :  Cara Cuci Tangan yang Benar Ala WHO

Karena yang wajib berpuasa adalah orang Islam saja, maka bagi seseorang yang keluar dari keislamannya, mereka tentu tidak wajib berpuasa dan batal segala ibadahnya. Termasuk jika murtadnya di kala puasa Ramadan.

Jadi itulah tujuh hal yang dapat membatalkan puasa. Selain itu, ada juga hal-hal yang makruh puasa. Semoga semuanya bisa kita pelajari demi Ramadan kita yang semakin sempurna!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *