Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

Kulkas yang berfungsi dengan baik dan selalu terlihat bersih adalah keinginan setiap ibu rumah tangga. Karena fungsi kulkas selain untuk menyimpan bahan makanan agar tidak cepat busuk, juga bis digunakan sebagai penghias dapur. Tapi hal itu tidak akan terwujud jika kita jarang membersihkannya. Berikut ini ada beberapa cara membersihkan kulkas yang bisa kita terapkan di rumah.

  1. Lepas kabel saklar dari stop kontak agar tidak ada arus listrik yang masuk dalam kulkas
  2. Keluarkan seluruh isi kulkas. Lalu pisahkan antara bahan makanan yang masih bisa dipakai dengan bahan makanan yang telah busuk atau kadaluarsa. Buang makanan yang telah busuk dan kadaluarsa tersebut.
  3. Lepaskan semua rak kaca yang ada di dalam kulkas. Hati-hati jangan sampai terlepas dan terjatuh. Karena sifat rak kaca licin. Lalu cucilah dengan sabun cuci piring hingga bersih. Setelah bersih keringkan dengan cara dilap dengan lap bersih dan kering
  4. Cara membersihkan kulkas selanjutnya adalah ambil lap yang telah di basahi dengan air. Gunakan untuk membersihkan dinding kulkas bagian dalam. Setelah itu, lanjutkan dengan membersihkan bagian luar kulkas dengan lap kain yang berbahan lembut. Agar tidak menggores body kulkas bagian luar.

Itulah beberapa cara membersihkan kulkas yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Setelah bersih, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membersihkan pintu kulkas yang berkarat. Pintu kulkas yang berkarat memang tidak berpengaruh pada makanan yang kita simpan. Tapi akan mengurangi keindahan kulkas. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan karat pada pintu kulkas.

  • Dengan Alkohol

Cara membersihkan kulkas dari jamur dan karat yang pertama adalah dengan alkohol. Jika kita menyimpan alkohol di rumah, selain untuk obat luar juga bisa digunakan membersihkan kulkas. Untuk bagian yang berjamur, biasanya pada karet pintu, untuk cara membersihkan karet kulkas kita bisa mengoleskan alkohol dipermukaan berjamur. Oleskan sedikit lalu angkat jamur dengan lap yang sudah dibasahi.

  • Dengan cuka
Baca Juga :  5 Aplikasi Untuk Merekam Layar Hp Terbaik

Cuka selain bisa digunakan untuk tambahan bahan makanan, juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur dan karat pada kulkas. Untuk bagian yang berjamur, sama seperti alkohol. Cukup oleskan sedikit cuka pada permukaan yang berjamur. Lalu angkat jamur dengan lap yanh sudah dibasahi air. Sedangkan untuk bagian yang berkarat, bisa merendamnya dengan cuka semalaman. Setelah itu, gosok dengan kain yang permukaannya agak kasar. Maka karat akan hilang dengan mudah.

  • Dengan Pasta Gigi

Cara membersihkan kulkas dari jamur dan karat selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Sebelumnya, siapkan dulu beberapa alat dan bahan yang kita perlukan. Yaitu pasta gigi, lap dan air bersih. Oleskan pasta gigi pada permukaan yang berjamur. Diamkan kurang lebih selama 3 menit. Agar pasta gigi bisa bekerja dengan baik. Lalu bersihkan kembali dengan lap yang sudah dibasahi dengan air bersih.

  • Dengan Baking Soda

Baking soda tidak hanya bisa digunakan untuk membuat kue. Juga bisa digunakan sebagai salah satu cara membersihkan kulkas. Caranya sangat mudah. Masukkan baking soda pada semangkuk air. Lalu aduk hingga mengeluarkan gelembung-gelembung. Jika gelembung tidak keluar, berarti baking soda sudah tidak aktif lagi. Masukkan lap yang bersih pada larutan baking soda. Lalu gunakan lap tersebut untuk membersihkan permukaan kulkas yang ditumbuhi jamur.

Itulah beberapa cara membersihkan kulkas secara sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Kulkas yang bersih selain terlihat indah juga bisa menambah keawetan umur kulkas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *